Pencarian

Sabtu, 21 Desember 2024

Refleksi Terbimbing – Presentasi Kerangka Filosofis `Merdeka Belajar`

 1.1.a.6. Refleksi Terbimbing – Presentasi Kerangka Filosofis `Merdeka Belajar`

 

TUGAS

Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta mampu merefleksikan pemikiran Ki Hadjar Dewantara sebagai pengetahuan dan pengalaman baru dalam pembelajaran.

Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)

Refleksi filosofis pemikiran Ki Hadjar Dewantara menjadi penguatan bagi Anda dalam memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru sebagai pendidik dan pembelajar.  Empat pertanyaan pemantik akan menjadi panduan dalam refleksi terbimbing ini:

  1. apa pengetahuan dan pengalaman baru yang saya dapat setelah mempelajari secara mendalam pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara?
  2. apa kekuatan saya dalam menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini?
  3. apa hal-hal yang perlu saya ubah dari diri saya agar dapat menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini?
  4. apa perubahan konkret yang akan saya lakukan setelah memahami pemikiran Ki Hadjar Dewantara?

 

JAWABAN

  1. Pengetahuan dan pengalaman baru yang saya dapat setelah mempelajari secara mendalam pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara antara lain saya lebih memahami tentang bagaimana tuntutan dalam pembelajaran. Pembelajaran tidak sepenuhnya hanya mengajarkan konsep materi, tetapi lebih juga mendidik siswa supaya memiliki nilai-nilai yang terkandung dalam profil pelajar pancasil. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pelajar pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Elemen kunci dari mandiri terdiri dari kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri.
  2. Kekuatan saya dalam menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini pastinya akan saya terapkan dalam setiap pembelajaran yang saya lakukan supaya anak didik saya bisa menerapkan profil pelajar Pancasila dalam kehidupan sehari-harinya.
  3. Hal-hal yang perlu saya ubah dari diri saya agar dapat menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini pastinya merubah strategi pembelajaran, lebih banyak memberikan contoh kepada anak didik saya, serta belajar dan belajar kembali tentang hal-hal baru yang belum saya ketahui.
  4. Perubahan konkret yang akan saya lakukan setelah memahami pemikiran Ki Hadjar Dewantara ini pastinya saya lebih paham bagaimana kita memposisikan diri sebagai seorang guru, saya juga ingin mengeksplorasi potensi yang ada pada siswa saya supaya bisa keluar lebih maksimal lagi, serta saya ingin berbagi ilmu dengan guru lainnya (teman sejawat) saya di sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar