Pencarian

Sabtu, 21 Desember 2024

1.2.a.6. Refleksi Terbimbing – Nilai dan Peran Guru Penggerak

1.2.a.6. Refleksi Terbimbing – Nilai dan Peran Guru Penggerak

TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
(1) CGP dapat melakukan refleksi terkait dirinya berdasarkan Peran dan Nilai Guru Penggerak
 
Refleksi Mandiri
Selamat Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak, kita telah sampai pada bagian Refleksi Terbimbing pada modul 1.2 ini. 
Pada saat ini, Anda baru saja melewati rangkaian pengalaman belajar yang jika tidak dengan sengaja kita maknai pembelajarannya maka semua akan hilang begitu saja. Oleh karena itu, pada bagian ini Anda akan meninjau kembali perjalanan pencarian jati diri sebagai Guru Penggerak. Silahkan Anda ingat-ingat kembali jawaban Anda pada bagian Mulai Dari Diri, terutama pada bagian nilai dan peran Anda. Silahkan Anda renungkan, kemudian jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

1. Apa saja nilai diri saya? (yang terdapat pada bagian mulai dari diri)
JAWAB :
·           Saya termasuk orang yang mandiri
·           Saya senang merefleksikan apa yang membuat saya perlu dibenahi lagi (reflektif)
·           Saya suka mengerjakan tugas dengan berkelompok/kerjasama dengan rekan sejawat (Kolaboratif)
·           Saya senang membuat/menciptakan hal yang baru selama itu bisa saya lakukan (Inovatif)
·           Saya melakukan pembelajaran juga terpusat kepada siswa (Berpihak pada Murid)

2. Apa yang saya rasakan setelah mengetahui nilai dari Guru Penggerak? Jelaskan!
JAWAB :
Senang, karena apa yang saya lakukan selama ini termasuk nilai dari guru penggerak dan semua nilai itu juga ada pada diri saya.
 
3. Apa saja nilai diri Guru Penggerak yang sudah saya miliki sekarang?
JAWAB :
·           Mandiri
·           Reflektif
·           Kolaboratif
·           Inovatif
·           Berpihak Pada Murid
 
4.     4. Diantara nilai-nilai yang sudah saya pelajari, nilai apa yang saya rasa perlu saya kuatkan? jelaskan!
JAWAB :
Berdasarkan nilai-nilai yang sudah saya pelajari, nilai yang perlu saya kuatkan yaitu berpihak pada murid, karena saya sebagai guru IPA terkadang masih sering menjelaskan (ceramah) saat mengajar, karena memang pelajaran IPA termasuk susah untuk diajarkan. Terkadang saya juga sedikit mengharap supaya siswa harus paham materi dengan cara saya, padahal siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda.
 
5. Apa yang saya rasakan setelah mengetahui peran dari seorang Guru Penggerak?
JAWAB :
Yang saya rasakan setelah mengetahui peran dari seorang guru penggerak yaitu pastinya sangat senang, karena selama ini yang saya lakukan di sekolah sudah mencerminkan semua peran dari guru penggerak mulai dari menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, menjadi Coach bagi Guru lain, mendorong kolaborasi antar Guru, dan mewujudkan kepemimpinan murid.

6. Apa yang bisa saya lakukan (khusus untuk diri saya) untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak?
JAWAB :
·           Ikhlas dalam bekerja
·           Memiliki kesadaran diri
·           Mengupdate ilmu dengan mengikuti pengembangan diri
·           Mengikuti perkembangan zaman dan teknologi
·           Menjalin hubungan yang baik dengan orang lain (siswa, teman sejawat, kepala sekolah, dan masyarakat sekitar)
·           Mengikuti organisasi profesi
 
7. Apa yang akan menghambat saya dalam memperkuat peran dan nilai Guru Penggerak dalam diri saya?
JAWAB :
Hal yang dapat menghambat saya dalam memperkuat peran dan nilai guru penggerak yang pastinya jika orang-orang di sekitar saya tidak mau untuk diajak maju dan tidak adanya kekompakan di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar